Senin, 20 Oktober 2014
11:20 WIB
Timnas U-19 Optimis Juara Grup di Pra Piala Asia
Timnas tergabung bersama Korea Selatan, Laos, Guam, dan Filipina.
Timnas Indonesia U-19
Luzman Rifqi Karami, Rejdo Prahananda | Sabtu, 27 April 2013, 06:46 WIB

VIVAbola - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafrie optimistis Indonesia bisa menjadi juara grup babak penyisihan Pra Piala Asia U-19 yang dimulai pada pertengahan Oktober. Dalam drawing di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat 26 April 2013, Indonesia tergabung di grup G bersama Korea Selatan, Laos, Guam dan Filipina.

Indra menjelaskan, Indonesia punya catatan bagus saat menghadapi Guam dan Laos. "Guam pernah kami kalahkan dengan skor 17-0 dan Laos 4-1 di Pra Piala Asia U-16 (pada 2011). Ada pemain di U-16 yang bermain untuk tim U-19 saat ini," ujar Indra saat dihubungi VIVAbola.

Kendati telah mengantongi kunci kekuatan Guam dan Laos, Indra meminta anak asuhnya mewaspadai Filipina. Menurut dia, Filipina bisa tampil mengejutkan. "Kami belum mengetahui kekuatan Filipina. Karena itu, saya meminta tim untuk mencari rekaman pertandingan. Tidak hanya Filipina, tetapi juga Guam dan Laos," beber Indra.

Praktis, hanya Korea Selatan yang menjadi lawan berat Indonesia di grup G. Menurut Indra, Indonesia sempat menelan kekalahan 0-2 saat menghadapi Korea Selatan di turnamen antar pelajar pada 2012.

"Saat itu, kami kurang persiapan. Namun dari segi kualitas, kami tidak terlalu jauh tertinggal. Saya optimis, kami mampu menjadi juara grup," Indra melanjutkan.

Menanggapi hasil drawing U-19, Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin antusias dengan hasil drawing. Menurut Djohar, peluang Indonesia untuk lolos dari fase grup sangat besar.

"Sebab kami hanya akan bersaing dengan Korea di Grup G, tanpa memandang remeh tiga tim lain yang ada dalam satu grup, Laos, Guam dan Philipina," terang Djohar yang turut menghadiri drawing di Kuala Lumpur.

Sementara itu, manajer Timnas U-19, John Rumainum akan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan Timnas U-19. Vice President PT Freeport Indonesia itu menegaskan, PT Freeport akan mendukung kebutuhan pemain dan pelatih serta ofisial Timnas U-19, termasuk lokasi training-camp di Timika.

"Tidak masalah bila mereka kembali menggelar pelatnas di Timika. Secara kebetulan, fasilitas latihan dan kondisi alam di sana cukup mendukung," kata John mengakhiri.

© VIVA.co.id

SHARE

Berita Terkait