Selasa, 30 September 2014
16:46 WIB
Indonesia Vs Belanda, Pemain Naturalisasi Vs 10 Pemain Juara
10 pemain Belanda meraih gelar juara bersama klubnya musim ini.
Sergio van Dijk
Luzman Rifqi Karami | Sabtu, 1 Juni 2013, 01:17 WIB

VIVAbola - Indonesia mengemban misi berat saat menghadapi Belanda di laga persahabatan, Jumat 7 Juni 2013. Pasalnya, Belanda membawa pemain-pemain terbaiknya, termasuk 10 pemain yang sukses merebut gelar juara bersama klubnya musim ini.

Berbeda dengan materi pemain Tim Merah Putih yang hanya berasal dari liga lokal, materi Oranje berasal dari pemain yang berlaga di berbagai liga Eropa. Selain pemain dari Eredivisie, juga ada pemain yang berlaga di kancah Premier League, Turkish Super Lig, Bundesliga, dan Primeira Liga Portugal.

Selain itu, Belanda memiliki 10 pemain yang baru saja meraih gelar juara bersama klubnya musim ini. Sebut saja winger Bayern Munich, Arjen Robben. Pemain 29 tahun ini telah merebut dua gelar musim ini, yakni Bundesliga dan Liga Champions. Robben menjadi pahlawan kemenangan Die Roten di final Liga Champions. Dia sukses mencetak 1 assist dan gol penentu kemenangan pada menit 89.

Robben berpeluang datang ke Jakarta sebagai pemain yang meraih treble winners atau 3 gelar dalam 1 musim. Itu jika Die Roten menundukkan VfB Stuttgart dalam final DFB-Pokal, 1 Juni 2013.

Pemain lain yang juga datang dengan status juara adalah Wesley Sneijder. Pemain 28 tahun ini langsung memberikan gelar Turkish Super Lig di musim perdananya bersama Galatasaray.

Selanjutnya ada Dirk Kuyt. Kuyt memang gagal membawa Fenerbahce juara Liga Europa setelah disingkirkan Benfica di babak semifinal. Namun mantan striker Liverpool ini berhasil merebut juara Piala Turki. Fernerbahce mengalahkan Trabzonspor 1-0 di partai final.

Sosok lain yang tak bisa dilupakan adalah Robin van Persie. Mantan striker Arsenal ini langsung membawa Manchester United menjuarai Premier League di musim perdananya. Pemain 29 tahun ini juga keluar sebagai top scorer Premier League dengan 26 gol dari 38 pertandingan.

Belanda juga diperkuat 3 pemain dari tim kuda hitam, Swansea City, yang berhasil menjadi juara Piala Liga Inggris atau Capital One Cup musim ini. Tiga pemain itu adalah Michel Vorm, Dwight Tiendalli, dan Jonathan De Guzmán.

Tiga pemain juara lainnya berasal dari Ajax Amsterdam yang menjuarai Eredivisie. Mereka adalah Kenneth Vermeer, Jasper Cillessen, dan Siem de Jong.

Reuni Pemain Naturalisasi
Ada 4 pemain naturalisasi yang dipersiapkan pelatih Jacksen F Tiago untuk menghadapi Belanda. Mereka adalah Victor Igbonefo, Greg Nwokolo, Raphael Maitimo, dan Sergio Van Dijk. Igbonefo dan Nwokolo adalah pemain berdarah Nigeria, sedangkan Maitimo dan Van Dijk memiliki darah Belanda.

Pertandingan nanti akan terasa emosional bagi Maitimo dan Van Dijk, karena akan menghadapi negara kampung halaman mereka. Selain itu, laga nanti juga akan menjadi ajang reuni bagi kedua pemain ini.

Van Dijk akan bereuni dengan winger Bayern Munich, Arjen Robben. Striker Persib Bandung ini sempat menimba ilmu di Akademi Groningen. Selama enam tahun Van Dijk mengeyam dan menyerap ilmu bermain sepak bola dengan Robben.

“Dulu saya pernah bermain bersama dengan Robben waktu kita masih di Akademi Groningen sekitar 5 sampai 6 tahun kita bersama,” ungkap Van Dijk.

"Kalau nanti ada kesempatan, saya ingin tukar jersey dengan dia. Kalau tidak Robben, saya berharap bisa mendapatkan jersey Van Persie,” lanjut mantan pemain Adelaide United ini.

Van Dijk berharap laga Indonesia melawan Belanda bisa menghadirkan tontonan menarik buat publik sepak bola Indonesia. Meskipun Indonesia kalah kelas dari Belanda, Van Dijk tetap berjanji akan memberikan yang terbaik.

“Ya, saya berharap pertandingan nanti bisa memberikan tontonan yang menarik dan bisa dinikmati suporter,” ungkap striker milik Persib Bandung tersebut.

Van Dijk sendiri mengaku tak bisa menutupi rasa bahagia di benaknya ketika mengetahui namanya masuk dalam daftar panggil pelatih Timnas, Jacksen F Tiago. Bagaimana tidak, Belanda merupakan negara kelahirannya. Bahkan saat kecil Sergio sering bermimpi kelak bisa mengenakan kostum Oranye.

“Pasti saya senang bisa bermain melawan tim sekelas Belanda, banyak pemain kelas dunia ada di sana. Mungkin secara level kita berbeda, tapi setidaknya kita bisa mengambil pelajaran dari pemain Belanda nanti,” kata Van Dijk.

Sama seperti Van Dijk, Raphael Maitimo juga akan melakoni laga reuni saat menghadapi Belanda. Dalam awal kariernya gelandang Mitra Kukar ini sempat bermain bersama Wesley Sneijder dan Robin van Persie di timnas Belanda U-15, U-16, dan U-17. Di akademi Feyenoord, Maitimo sempat satu tim dengan Robin van Persie.

Maitimo mengaku senang bisa kembali bertemu dengan Sneijder dan RVP. Pemain 29 tahun ini mengungkapkan kegembiraanya lewat akun Twitter, @raphaelmaitimo.

"Saya senang dan begitu menantikan untuk bermain melawan dua mantan rekan setim saya @Persie_Official dan @sneijder101010 pada 7 Juni, Indonesia vs Belanda," tulis Maitimo.

Andik Incar Jersey RVP

Striker Persebaya 1927, Andik Vermansyah punya misi khusus saat menghadapi Belanda. Selain ingin menimba ilmu dari tim Oranye, pemain 21 tahun ini juga ingin mendapatkan jersey, pemain Manchester United, Robin van Persie.

"Saat pertandingan melawan Belanda nanti, saya ingin berfoto dengan Robin Van Persie dan ingin mendapatkan jersey dia," ujar Andik di sela-sela acara jumpa pers di Pacific Place, Jakarta, Kamis, 30 Mei 2013.

RvP berhasil membawa MU meraih gelar juara Premier League, sekaligus keluar sebagai top scorer musim ini. Hal inilah sebabnya mengapa Andik begitu bernafsu mendapatkan kenang-kenangan dari mantan pemain Arsenal tersebut.

Andik memang tergolong pemain yang beruntung. Pemain yang sempat menjalani trial bersama DC United itu juga sempat menghadapi tim asal Amerika Serikat, LA Galaxy. Usai pertandingan, Andik sukses mendapatkan jersey megabintang, David Beckham.

Pemain yang mengakhiri kariernya di Paris Saint-Germain ini sengaja memberikannya kepada Andik sebagai ungkapan penyesalan atas pelanggaran yang dilakukannya saat pertandingan.

Jersey pemain dunia lain yang sukses didapatkan Andik adalah Esteban Cambiasso. Itu didapatkannya ketika memperkuat Liga Selection dan bertemu tim Serie A, Inter Milan.

© VIVA.co.id

SHARE

Berita Terkait