Rabu, 23 Juli 2014
08:56 WIB
Apa Beda Saus Tomat dan Pasta Tomat?
Dua bahan makanan ini kerap ditemui dalam resep-resep masakan Italia. Apakah bedanya?
Like
Petti Lubis | Kamis, 7 Mei 2009, 09:03 WIB

Tanya:
Ketika saya membaca resep membuat pizza, di dalamnya terdapat bahan saus tomat dan pasta tomat. Selama ini saya kira saus tomat ya, pasta tomat itu. Namun ternyata bukan. Kedua bahan ini juga sering kita temui dalam resep-resep makanan Italia. Sebenarnya apa sih bedanya antara saus tomat dan pasta tomat?

Ningrum - Bekasi (by e-mail)


Jawab:
Kedua produk berbahan tomat ini memang kerap disangka sama. Namun ternyata berbeda. Saus tomat dibuat dari tomat  dan ubi jalar merah (dipakai sebagai pengental). Keduanya dikukus sampai matang, kemudian dihaluskan dan disaring.

Campuran ini kemudian ditambahkan air dan dimasak bersama gula , lada, garam, anti oksidan, pewarna makanan,  dan sodium benzoate sebagai pengawet untuk menghambat tumbuhnya bakteri. Itu sebabnya saus tomat rasanya asam-asam manis, dan sedikit berbumbu. Saus tomat biasanya dijual dalam kemasan botol kecil.

Pasta tomat dibuat dari tomat merah yang telah dibuang biji dan kulitnya. Tomat ini dihaluskan dan diproses menjadi pasta. Warnanya merah segar, creamy, dan rasanya khas tomat. Biasanya dijual dalam kemasan kaleng, pada gerai makanan kaleng. Keduanya memang sering dipakai dalam masakan Italia.

Bila Anda memiliki pertanyaan seputar dunia kuliner dan masak memasak, silakan mengirimkan pertanyaan ke email redaksi VIVAnews ke petti.lubis@vivanews.com. Pihak VIVAnews akan memilih satu pertanyaan terbaik setiap minggu. Bagi pengirim pertanyaan terbaik akan mendapatkan bingkisan menarik dari Demedia dan VIVAnews.

logo Demedia

© VIVA.co.id

Berita Terkait
A A A