Nazriel Irham
13 Agustus 1980 - Sekarang

Nama Nazriel Irham atau yang dulu lebih dikenal sebagai Ariel Peterpan ditasbihkan sebagai salah satu grup band yang paling berpengaruh di Indonesia. Semua album yang dikeluarkan grup ini menembus penjualan platinum dan meraih hati para pecinta musik Indonesia.

Meski berganti nama menjadi Noah, grup band besutan Ariel ini tetap memesona. Ariel adalah  sebutan populer bagi Nazril Irham yang merupakan vokalis grup  musik Noah. Anak bungsu dari tiga bersaudara ini lahir di Pangkalan Brandan,   Langkat, Sumatera Utara, 16 September 1981. Namanya meroket bersama grup asal Bandung. Ariel menggawangi Peterpan bersama bersama lima rekan lainnya   yaitu Andika Naliputra Wirahardja (Andika), Mohammad Kautsar Hikmat (Uki),   Ilsyah Ryan Reza (Reza), Loekman Hakim, dan Indra.

Ariel yang sempat mengenyam pendidikan di jurusan Arsitektur Universitas Parahyangan, Bandung melambung  sejak bergabung dengan Peterpan yang   terbentuk 1 September 2000. Setelah wara-wiri bernyanyi di kafe-kafe Bandung, Peterpan akhirnya masuk   dapur rekaman. Pentolan Band Java-Jive, Capung yang menemukan bakat mereka saat tengah manggung di sebuah band di Bandung 2001 lalu. Dari situ, Peterpan ditawari bergabung untuk menggarap  untuk album kompilasi Kisah 2002 Malam. Alhasil, album kompilasi mampu mendongkrak penjualan hingga   150.000 kopi Peterpan mendapat tawaran membuat album sendiri.  

Sejak itu, album  Peterpan berhasil menembus platinum di antaranya Taman Langit (2003), Bintang di Surga (2004), Original Soundtrack Alexandria   (2005), Hari yang Cerah (2007), dan album The Best of (Sebuah Nama Sebuah Cerita) (2008).

Peterpan Bubar, Lahir Noah Setelah berpisah dengan dua personelnya, Andika dan Uki, Ariel dan ketiga temannya di Peterpan sibuk mencari nama baru untuk band yang mereka gawangi   tersebut. Meski berat melepaskan nama Peterpan yang telah membesarkan   namanya, Ariel mengaku rela dan tengah mencari nama yang pas.  

Untuk sementara sebelum merilis nama baru, bila tampil di televisi atau di panggung lur kota, ketiganya menggunakan nama masing-masing. Ariel dan Cs merencanakan akan segera meluncurkan nama baru sekitar bulan Februari 2010. Peluncuran nama baru akan bersamaan dengan keluarnya album baru mereka.

Selain karier di musik, Ariel dipercaya menjadi model sampo dan bersama model Amy Lee. Ariel juga menjadi ikon sepeda motor Yamaha. Dua tahun kemudian, Noah resmi berdiri di Jakarta, tepatnya di Musica Studios pada tanggal 2 Agustus 2012. NOAH terdiri dari lima anggota yaitu Ariel, Uki, Lukman, Reza dan David. 

NOAH diartikan sebagai panjang umur, pemberi ketenangan. Merambah Dunia Akting Di penghujung tahun 2009, Ariel mencicipi peran dalam dunia panggung layar lebar. Ariel yang menggunakan nama aslinya, Nazril Ilham  memerankan Arai dewasa di Sang Pemimpi (2009). Dalam  film debutnya, Ariel memerankan sosok Arai yang selalu bersemangat mengejar impian sejak kecil. Di sekuel film, Laskar Pelangi hasil karangan Andrea Hirata dan besutan sutradara Riri Riza, Ariel tampil bersama para aktris dan aktor kawakan tanah air seperti Mathias Muchus, Rieke Dyah Pitaloka, Lukman Sardi dan penyanyi Nugie.

Film perdana yang turut diperankan Ariel berhasil meraup  1,8 juta orang penonton. Buat lagu dari kondisi Indonesia Ariel juga memiliki kepekaan terhadap apa yang dia saksikan di Indonesia. Dia mengaku ingin membuat sebuah lagu yang menggambarkan keadaan Indonesia dari sudut pandangnya.  

Melihat keadaan negaranya, pria 27 tahun ini menyatakan lebih berhati-hati saat ingin menuangkan gagasannya dalam bentuk lagu. Dia mengaku sedang mencari-cari lagu yang pas dan tidak menyinggung siapapun. Kontroversi Hubungan Asmara Ariel pernah menikah dengan Sarah Amalia, saat dikabarkan tengah menjalin hubungan dengan beberapa orang wanita. Pernikahannya diwarnai kontroversi,   karena  Sarah menuntut agar Ariel menikahinya karena telah hamil. Kerabat Sarah, DJ Wingky Wiryawan sampai harus mendesak  Ariel di media massa sebelum pasangan ini menikah dan dikaruniai putri bernama Alleia Anata.  

Sejak awal dikabarkan tidak akur satu sama lain, Ariel resmi bercerai dengan Sarah pada 27 Mei 2008. Pada 2007, saat kemelut rumah tangganya bersama Sarah Amelia tersibak, Ariel digosipkan kembali dekat dengan Luna Maya dan dikaitkan dengan perceraian rumah tangga artis lainnya, Andhara Early - Ferry ME.  

Pasca beroleh status duda, hubungannya dengan Luna Maya kembali intens, tetapi keduanya menampik mereka sebagai sepasang kekasih. Ariel juga sempat digosipkan menjalin hubungan dengan penyanyi Aura Kasih namun dibantah keduanya.   Namun, dalam sebuah kesempatan April 2009, keduanya mengakui kembali berpacaran. Bahkan dikabarkan mereka telah tinggal bersama di sebuah rumah mewah di perumahan elit. Ariel tegas membantah dan menampik gosip itu. Tetapi Ariel-Luna lebih leluasa memperlihatkan kemesraan  mereka di depan   publik.  

Gosip kembali melanda pasangan ini setelah bulan Ramadan lalu. Keduanya dikabarkan berlibur ke Eropa sekaligus mengabadikan momen untuk foto-foto pre-wedding. Kontan, keduanya membantah kabar tersebut. Pasangan ini mengaku telah bertemu dengan bunda Luna Maya, namun Ariel menyatakan belum akan membawa hubungan mereka ke jenjang pernikahan.  Hubungan mereka akhirnya kandas. Malah muncul kasus video heboh Ariel, Luna, dan Cut Tari. Kasus mereka masuk ke pengadilan dan Ariel harus masuk   tahanan. Setelah menjalani hukuman, Ariel kembali ke dunia musik. Ia berkibar kembali dengan grup band Noah. Bersamaan dengan itu, ia juga kembali memadu kasih dengan artis cantik Sophia Latjuba.

KELUARGA           
Istri                    : Sarah Amalia (bercerai)
Anak                 : Alleia Anata
Orang Tua        : (Alm) Nazmul Irphan   Darlina Darwis      

PENDIDIKAN  
TK Bungong Seulanga Kota Langsa, Aceh (1985-1987)  
SD IV Merdeka (1987-1993)  
SMP Negeri 14 Bandung (1993-1996)  
SMA Negeri 23 Bandung (1996-2000) 
Universitas: Universitas Parahyangan Jurusan Arsitektur (2000-2001, tidak   selesai) 
 
KARIER  

DISKOGRAFI      
Peterpan  

Taman Langit (2003)  
Bintang di Surga (2004)  
Ost. Alexandria (2005)  
Hari Yang Cerah (2007) 
Sebuah Nama Sebuah Cerita (2008) 

Ariel, Uki, Lukman, Reza, David  
Suara Lainnya (2012) 
Kisah Lainnya (2012)    

NOAH
Seperti Seharusnya (2012) 
Second Chance (2014)
NOAH: Bintang Di Surga
NOAH: Hari Yang Cerah...
NOAH: Taman Langit   

ALBUM KOMPILASI 
Kisah 2002 Malam (kompilasi, 2002, sebagai Peterpan)
Senyawa (2004, sebagai Peterpan)
Dari Hati Untuk Aceh (kompilasi, 2005, sebagai Peterpan)
Untuk Sahabat Peterpan (2005, sebagai Peterpan)
Superstar 2005 (2005, kompilasi, sebagai Peterpan)
Superstar 2005 Vol. 2 (2005, kompilasi, sebagai Peterpan)
From Us to U (kompilasi, 2005, sebagai Peterpan)
In House Mix (2005, sebagai Peterpan)
Superstar 2006 (2006, sebagai Peterpan)
Duet By Request (kompilasi, 2006, sebagai Peterpan)
Selalu untuk Sahabat (2006, sebagai Peterpan)
Superstar 2007 (kompilasi, 2007, sebagai Peterpan)
Kami Mengenang Rinto Harahap (kompilasi, 2015, sebagai NOAH)
Satu (feat. Noah, Nidji, Geisha & d'Masiv) (kompilasi, 2015, sebagai NOA     

FILM
Noah: Awal Semula (2013)     

PENGHARGAAN  
Rookie of The Year versi Majalah Hai (2002)
Group Pendatang Baru Ter-Ngetop SCTV Music Award (2004)
Rekor MURI – Konser Maraton 6 Kota 24 Jam - 18 Juli 2004  (2004)
Best Favorite - Artis Indonesia MTV Asia Award (2005)
Album Pop Group Ngetop SCTV Music Award (2005)
Lagu Paling Ngetop, SCTV Music Award (2005)
Band Paling Ngetop di SCTV Award (2005)
Penjualan Album Terbaik Sepanjang Tahun, MTV Music Award (2005)
Grafis desain album terbaik Bintang di Surga AMI Awards 2005 (2005)
Best Favorite - Artis Indonesia MTV Asia Award (2006)
Album Pop Group Ngetop SCTV Music Award (2006)
Video Klip TerDahsyat "Walau Habis Terang", Dahsyatnya Award (2009)
Band TerDahsyat, Dahsyatnya Award (2009)
Lagu Terbaik versi majalah Rolling Stone dengan lagu "Kukatakan Dengan Indah"