PROFIL      Fildan
Fildan
27 September 1991 - Sekarang

Gagal dalam audisi dangdut, Fildan ikut kembali. Tekad dan kualitasnya mengantarkan Fildan sebagai pemenangnya. Bukan hanya tingkat Indonesia, tapi Asia.

Fildan Rahayu atau orang lebih mengenalnya dengan Fildan Baubau merupakan seorang penyanyi dangdut yang berhasil menjadi juara di ajang pencarian bakat D'Academy 4 yang disiarkan Indosiar pada 2017.

Pria yang akrab disapa Fildan ini kelahiran Bakala, Sulawesi Tengah, 27 September 1991. Ia anak dari pasangan La Suriadin dan Wa Hanika. Fildan menikah dengan Salmiati pada 2016, saat usianya menginjak 25 tahun. Mereka dikaruniai seorang anak bernama Digar Rahayudin

Bakatnya dalam dunia seni tidak terlepas dari kakek dan ayahnya yang juga seorang pemusik. Fildan sudah belajar bermain suling sejak duduk di sekolah menengah pertama (SMP) dari kakeknya. Sedangkan ayahnya pandai dalam bermain gitar dan organ.

Sejak SMA, ia sudah pandai bermain gitar dan memiliki suara yang bagus. Meski sempat keluar dari SMA-nya karena masalah ekonomi, Fildan akhirnya dipanggil kembali untuk meneruskan sekolahnya tersebut.

Kariernya dalam dunia tarik suara diawali dengan keikutsertaannya dalam Audisi D'Academy yang diselenggarakan Indosiar. Fildan pertama kali mengikuti audisi D'Academy 3 di Kota Makassar, saat itu ia gagal.

Kemauannya yang kuat membuat Fildan untuk mengikuti audisi D'Academy 4. Ketika itu salah satu Radio swasta bekerja sama dengan Indonesiar selaku tv penyelenggara menggelar audisi Spesial Hunt D'Academy 4. Kali ini keberuntungan menaunginya dan ia lolos ke Makassar untuk audisi berikutnya.

Iis Dahlia selaku juri saat itu langsung dibuatnya terpesona dengan penampilan Fildan dan memberikan Golden Ticket dan lolos ke 35 besar D'Academy 4 2017.

Fildan dikenal dengan kemampuannya dalam menyanyikan lagi India yang membuatnya melaju hingga final dan menjadi pemenang setelah mengalahkan Putri Isnari, kontestan asal Kalimantan Timur.

Ketika pengumuman sebagai pemenang ia sempat pingsan, atas prestasinya tersebeut ia mendapatkan uang tunai Rp250 juta dari Wali Kota Baubau dan naik haji dari Tim Penggerak PKK Sulawesi Tenggara. Tidak hanya itu, video penampilan Fildan di D'Academy 4 di youtube berhasil menjadi viral.

Keluar sebagai pemenang D'Academy 4, membuatnya mewakili Indonesia dengan peserta lainnya dalam ajang D'Academy Asia 3. Ajang tersebut diikuti oleh 33 finalis dari 5 negara Asia lainnya di antaranya Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darusalam dan Timor Leste.

Dalam babak penentuan, Fildan  bersaing dengan temannya sendiri dari Indonesia, Reza dari Bandung dan Aulia dari Pontianak. Lagi-lagi kemampuanya berhasil memukau juri dan mengumpulkan poin tertinggi 1167 menjadikannya sebagai pemenang D'Academy Asia 3 yang berlangsung di Studio 5 Emtek City, Jakarta Barat, 2017.  (AA/DN) (Photo: Instagram.com/da4_fildan)


KELUARGA
Orangtua    : La Suriadin & Hanika
Istri             : Salmiati
Anak          : Digar Rahayudin

PENDIDIKAN
SD SDN 1 Bone-Bone, Kota Baubau (1998-2004)
SMP: SMPN 4 Baubau, Kota Baubau (2004-2007)
SMA: SMAN 3 Baubau, Kota Baubau (2007-2010)