Charly Van Houten
5 November 1982 - Sekarang

Lahir dari keluarga seniman, Charly terjun ke dunia musik. Ia memulai bernyanyi dari kafe ke kafe hingga membentuk grup band ST12. 

Namanya lebih populer dengan panggilan Charly Van Houten ketmbang nama aslinya Muhammad Casmali Parli. Ia dikenal sebagai musisi asal Jawa Barat, penyanyi, pencipta lagu, dan pemain alat musik.

Pria yang biasa disapa Charly ini kelahiran Cirebon, 5 November 1982. Ia anak dari pasangan Soegendri dan Toethe Hartika.

Masa kecilnya ia habiskan di kota kelahirannya, Kota Udang. Ia termasuk dalam orang yang pendiam, penakut dan tidak nakal. Charly bisa dibilang anak yang berprestasi di SDN Tersana 1 Losari Cirebon.

Ketertarikannya dalam dunia seni terutama dalam bermain gitar sudah ia rasakan ketika menginjak kelas 3 SD. Saat itu, ia sudah diajarkan bermain gitar oleh pamannya. Bakat seni memang sudah ada pada keluarganya, Charly memiliki nenek yang juga seorang sinden.

Charly memiliki cita-cita menjadi penyanyi sekaligus bermain gitar. Ketika menginjak SMP, vokal dan permainan gitarnya sudah terasah. Ia memiliki suara yang khas dan mudah dikenal banyak orang.

Pada 1998, saat usianya 16 tahun, Charly bersama teman-temannya mulai manggung dari kafe ke kafe. Ia juga memilih untuk kuliah di Universitas Pasundan Bandung mengambil jurusan seni pada tahun 2000.

Di Kota Kembang, Bandung, Charly bertemu dengan Pepep, Pepeng dan Iman kemudian lahirlah grup band ST12. ST12 sendiri sebenarnya diambil dari nama jalan Stasiun Timur 12 Bandung.

Charly bersama ST12 melalui jalan yang cukup panjang dan cobaan, meski begitu album pertama mereka bisa dikatakan sukses. Mereka mulai dilirik oleh beberapa label. Memilih genre pop-melayu membuat band ini memiliki ciri khas tertentu. Easy listening. Mereka juga tak jarang memasukan musik disko, reggae, dan akustik.

Namanya kian populer setelah membawa ST12 menjadi band besar pada masanya. Lagu-lagu yang diciptakan Charly semakin meledak dan diterima oleh masyarakat Indonesia.

Namun, ternyata suksesnya sebuah band bukan berarti tanpa masalah. Terjadi konflik internal dalam ST12 dan berakibat bubar.

Charly dan Pepeng yang juga mantan personel ST12 akhirnya mendirikan Setia Band pada September 2011. Ia bersama Setia Band mengeluarkan lagu perdananya berjudul Satu Hati tahun 2012.

Selain sebagai vokalis, Charly dikenal sebagai pencipta lagu handal, beberapa artis pernah dibuatkan lagu olehnya. Bahkan ia juga terlibat dalam dunia seni peran dan menciptakan lagu untuk beberapa film.

Dalam kehidupan pribadinya, ia menikah dengan wanita cantik bernama Regina Irawan dan dikaruniai dua orang anak, Mohammad Restu Gibhran Van Houten dan Asmaranacha Manunggaling Gaula Gusti Kaula.

Charly bersama sang istri pernah beberapa kali dikabarkan bermasalah. Charly bahkan pernah dijadikan tersangka atas kasus penipuan. Semua dilaluinya dengan pasti.

Di tengah hiruk pikuk Pilkada serentak 2018, Charly mengaku diminta untuk ikut dalam laga pemilihan bakal calon Wakil Gubernur Jawa Barat. Popularitasnya dianggap mampu bersaing dengan calon-calon lainnya. (AA/DN) (Photo: Instagram/charly_setiaku)

KELUARGA
Orang tua  : Soegendri & Toethe Hartika
Pasangan  : Regina Irawan
Anak          : Mohammad Restu Gibhran Van Houten
                    Asmaranacha Manunggaling Gaula Gusti Kaula

KARIER
Diskografi
Bersama ST12
Jalan Terbaik (2005)
PUSPA (2008)
PUSPA Repackege (2009)
Pangeran Cinta (2010)

Bersama Setia Band
Satu Hati (2012)
Bintang Kehidupan (2017)

Sinetron
Aku Masih Sayang
Tangisan Isabella
Nada-Nada Cinta Charly

Filmografi
Jangan Menangis Sinar (2013)
Surga di Telapak Kakimu, Ibu (2013)